PROTABA

TK Tahfidz HSG Al-Mustanir memiliki Brand Kurikulum Tahfidz menggunakan  Metode PROTABA (Program Tahfidz Balita dan Anak) dan telah mendapatkan lisensi dari Yayasan PROTABA  Nomor: LPM-013/YPI/2021 pada tanggal 8 Juli 2021.

Lihat Lisensi

Mengenal PROTABA (Program Tahfidz Balita dan Anak)

PROTABA merupakan Mozaik program tahfidz terangkai, yaitu merangkai keunggulan-keunggulan metode tahfidz yang pernah diamati dan dipelajari untuk menemukan pola dalam mengembangkan program yang akan dijalankan.

Metode Protaba singkatan dari Program Tahfidz Balita dan Anak. Walaupun awalnya digunakan untuk balita dan anak SD/MI, tetapi pada kenyataannya metode ini bisa diterapkan untuk semua usia hingga lanjut usia.

Keunikan Metode PROTABA adalah tahfidz diajarkan dengan Metode Talqin atau mencontohkan bacaan yang benar kemudian ditirukan murid, sehingga metode ini sangat cocok untuk semua orang yang belum bisa membaca Al Quran tetapi punya hasrat menghafal. Metode ini juga cocok untuk anak dengan keterbatasan penglihatan.

Ke-khasan Metode Protaba, hafalan diajarkan dengan memotong ayat menjadi beberapa potongan antara 1-5 kata sehingga mudah untuk anak yang baru mengenal bacaan Al Quran dan hanya diajarkan maksimal 3 baris setiap pertemuan.

Metode ini dapat diterapkan secara individual (untuk anak sendiri) maupun secara klasikal untuk Rumah Tahfidz atau lembaga pendidikan mulai dari Pendidikan Pra sekolah sampai sekolah Dasar/MI dan halaqoh.

Keunggulan Metode Tahfidz PROTABA 

  • Kurikulum dan perangkat pembelajaran sudah tersedia dengan jelas dan lengkap
  • Sistem pengajarannya sangat cocok dan mudah bagi Balita dan  anak  dengan cara talqin kecil, yaitu memotong ayat menjadi beberapa bagian  berdasarkan kemampuan berbicara anak.
  • Menggunakan teknik NLP (Neuro Linguistic Programming) dalam menghafal Quran dengan merangsang seluruh model karakter belajar anak yaitu visual, auditori dan kinestetik secara bersamaan, sehingga anak dapat menghafal dengan baik dan maksimal.    
  • Pengajaran tahfidz disertai dengan tadabbur Quran, sehingga menyenangkan dan lebih berkesan pada anak, selanjutnya akan menyemai hati anak dengan Al-Quran 
  • Menggunakan media pembelajaran berupa Audio Visual
  • Menggunakan metode flashcard dan poster dalam mengenalkan huruf Hijaiyah pada metode membaca MAMA (Membaca Al-Quran Meng-Asyikkan)
  • Menggunakan speaker protaba untuk aktivasi otak anak.  Speaker Protaba berupa audio 30 juz yang akan mendampingi tidur anak minimal selama 21 hari pertama sebelum proses tahfidz dilakukan.
  • Meringankan orang tua yang belum mampu membaca AL-Quran dengan baik untuk mendampingi anak saat muroja’ah di rumah dengan speaker Protaba

Perangkat Pembelajaran Metode PROTABA

  1. Flashdisk pembelajaran Metode PROTABA

Flashdisk berisi audio visual (MP4) untuk pembelajaran juz 30 sesuai kurikulum  PROTABA, digunakan lembaga per pertemuan.

2. Memori Speaker Al-Quran PROTABA

Speaker AL- Quran untuk membantu orang tua mengawal muroja’ah anak di rumah atau di luar sekolah. Merupakan memori khusus audio juz 30, memori ini bisa digunakan untuk menghafal AL- Quran  30 juz.  Penggunaannya hanya dengan menekan tombol, sesuai dengan materi yang dibutuhkan. 

3. Flash Disk Tadabbur dan Sirah Nabawiyah

Flash Disk ini berisi tentang kisah Nabi Muhammad dan keluarga serta para sahabat ketika memperjuangkan kejayaan Peradaban Islam.  Juga dilengkapi dengan kisah-kisah yang ada di dalam Al-Quran, sebagai sarana mentadabburi Al-Quran, muroja’ah juz 30, ibadah dan doa-doa harian

4. Buku MAMA (Membaca Al-Quran Meng-Asyikkan)

Satu-satunya metode membaca dengan bermain flashcard terlebih dahulu sesuai dengan tahapan perkembangan anak yaitu belajar seraya bermain.  Setelah paham menggunakan flashcard, baru membaca buku MAMA.  Materi ajar konsisten dari huruf tipis dan yang paling dekat dengan anak, kemudian huruf yang agak sulit dan huruf tebal.

5. Speaker MESEM (Menghafal Semudah Mendengar)

Speaker dan memori PROTABA yang dilengkapi dengan program sambung ayat juz 30, baik ayat ganjil maupun ayat genap.  Speaker dilengkapi dengan mic bando, dapat digunakan di dalam dan luar ruangan.  Speaker ini cocok untuk anak latihan sambung ayat juz 30.

PROTABA  Memfasilitasi Model Belajar Anak

Visual : untuk anak yang indera penglihatannya paling aktif, menggunakan media televisi dalam proses talaqqi di sekolah

Auditori : untuk anak yang paling aktif indera pendengarannya, menggunakan speaker AL-Quran dalam murojaah harian.  Walaupun anak bermain, indera pendengarannya tetap aktif mendengarkan murojaah.

Kinestetik : untuk anak yang aktif bergerak, menggunakan jari quranic  untuk mengunci gerakan anak